BPPM IAIDU ASAHAN SELENGGARAKAN WEBINAR PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL DAN JURNAL

SHARE

Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan atau yang biasa disebut dengan BPPM IAIDU Asahan menyelenggarakan Webinar Pelatihan Penulisan Artikel Dan Jurnal, pada hari Kamis,(1/9/2022).

Webinar ini diselenggarakan mulai Pukul 08.30-12.00 WIB secara online melalui platform zoom meeting. Webinar ini diikuti oleh seluruh Dosen di Lingkungan Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan baik yang bersifat Dosen tetap maupun tidak tetap.  Narasumber dalam webinar ini adalah Dr. Reno Wikandaru, M.Phil selaku Dosen / Peneliti di Universitas Gadjah Mada.

Webinar dibuka secara langsung oleh Rektor IAIDU Asahan Umi Hj. Nilasari Siagian, SH, S.Pd.I, MH. Dalam sambutannya, Umi Hj. Nilasari Siagian, SH, S.Pd.I, MH menekankan bahwa sebagai dosen atau staff pendidik yang bekerja di dalam institusi pendidikan memiliki kewajiban menyelanggarakan tri dharma perguruan tinggi salah satunya melakukan penelitian dan hasil yang didapatkan dari proses penelitian yang dilakukan kemudian diabadikan dalam bentuk tulisan dan yang nantinya akan dipublikasikan, pada umumnya tulisan ini disebut sebagai jurnal. Jadi dapat dikatakan dosen adalah pendidik professional dan ilmuan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dosen mempunyai kewajiban untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan dengan menulis publikasi ilmiah yang dimuat dalam jurnal nasional maupun jurnal internasional.

Jurnal digital (e-journal) melalui Open Journal System (OJS) menjadi sarana yang sangat baik untuk mempublikasikan hasil penelitian pada lingkup yang lebih luas. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan reputasi yang baik untuk referensi dari para penulis dan kasus dari Indonesia untuk di dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Sitasi karya ilmiah Dosen, akan meningkat apabila dapat terindeks (paling tidak di Google Scholar). Publikasi yang berkualitas dan terindeks mempengaruhi reputasi dan visibilitas perguruan tinggi dimana Dosen tersebut berada.

Menulis jurnal disini mengarah pada jurnal ilmiah, yakni menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan kedalam jurnal. Prosesnya memang tidak mudah apalagi dosen dihadapkan pada kesibukan yang tinggi. Sekaligus proses publikasi kejurnal yang penuh dengan syarat, ketentuan, dan prosesnya panjang bias berbulan-bulan. Dibutuhkan komitmen tinggi untuk produktif menulis jurnal ilmiah. Salah satunya dengan memahami arti penting menulis jurnal tersebut bagi profesinya.

Akhirnya, Dalam acara seminar ini nantinya kita akan membahas mengenai seberapa pentingnya menulis karya ilmiah khususnya jurnal. Selainitu, kita juga akan membahas bagaimana tips dan trik cara menulis jurnal yang baik dan proporsional. Untuk lebih jelasnya nanti kita akan mendengarkan Bapak Reno Wikandaru sebagai pembicara dalam acara seminar hari ini yang insya Allah akan menjadi daya dobrak dan semangat kita untuk menulis dan meneliti serta menerbitkannya dalam jurnal-jurnal yang terakreditasi. Maka untuk itu mari sama-sama kita focus dalam mengikuti kegiatan hari ini sehingga hasilnya maximal. Ujar Umi Hj. Nilasari Siagian, SH, S.Pd.I, MH. (zafia23)