FAKULTAS TARBIYAH IAIDU ASAHAN ADAKAN SEMINAR ILMIAH:IMPLEMENTARASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS

SHARE

Sebagai salah satu unit pelaksana akademik di Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan, Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi berupa Seminar Ilmiah di Auditorium  IAIDU Asahan, Sabtu (27/8/2022).

Adapun Narasumber dalam seminar tersebut adalah Dr.Mardianto,M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka”.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah IAIDU Asahan Buya H. Zainal Abidin, S.Ag, MM mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor IAIDU Asahan, Umi Hj. Nilasari Siagian, SH, S.Pd.I, MH yang telah memberikan dukungan secara moril dan materiil sehingga acara seminar ilmiah ini bisa dilaksanakan. Dan terima kasih yang sama kepada para Wakil Rektor yang telah berhadir pada kegiatan seminar ilmiah. Tak lupa pula Beliau mengucapkan terima kasih kepada Struktural fakultas Tarbiyah yang selama ini telah mendukung dan membantu Beliau dalam menjalankan tugas sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah. Salah satunya yaitu melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap Dosen, dengan mengadakan Seminar Ilmiah tersebut.

Acara seminar tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor IAIDU Asahan, Umi Hj. Nilasari Siagian, SH, S.Pd.I, MH yang dalam sambutannya Beliau berpesan kepada para Dosen untuk mampu berkembang dan beradaptasi dengan sistem-sistem baru yang mana salah satunya adalah Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini. Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka bertujuan untuk menciptakan pendidikan yang lebih menyenangkan untuk mahasiswa dan dosen. Perubahan kurikulum, memaksa dosen terbiasa dengan pengembangakan kreativitas dalam proses pembelajaran. Kreativitas dosen akan mendorong tumbuh kembangnya mahasiswa menjadi pribadi yang lebih kreatif.

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka tidak mudah. Unsur-unsur yang berada di dalamnya harus diperbaiki kalau ingin memaksimalkan hasil dari kurikulum ini. Untuk itu, Saya berterima kasih kepada struktural fakultas tarbiyah, terkhusus Dekan Fakultas Tarbiyah Buya H. Zainal Abidin, S.Ag, MM karena mengadakan seminar ilmiah ini, guna pengembangkan kemampuan dosen.

Pada dasarnya konsep Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini merupakan suatu inovasi terhadap pembelajaran yang lebih efektif guna mendapatkan kualitas pembelajaran yang berkualitas dengan mendorong mahasiswa menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keahliannya, tutur Beliau. (zafia23)