SELAMAT HARI GURU KE-XXVI TAHUN

SHARE

SELAMAT HARI GURU KE-XXVI TAHUN

SEJAK 25 NOVEMBER 1994 HINGGA 25 NOVEMBER 2020

 

Selamat hari guru kepada seluruh para guru yang ada di Indonesia, tak terhitung sudah berapa banyak jasa yang telah para guru berikan dari generasi ke generasi. Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari guru nasional bukan hari libur resmi, dan dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Hari guru nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, dengan sebuah Keputusan Presiden, yaitu Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Walaupun di tahun ini tidak bisa melaksanakan upacara peringatan hari guru di setiap sekolah dikarenakan keadaan pandemi Covid-19, akan tetapi Kemendikbud menyiarkan secara langsung Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2020, disiarkan dari halaman kantor Kemendikbud, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta. ( https://www.youtube.com/watch?v=ipVxUZw2890 ). Yang mana upaca tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan cegah Covid-19.

Di tahun ini Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan Kisaran mengangkat slogan "Setiap Orang Bisa Menjadi Guru" dan "Setiap Ruang Bisa Menjadi Kelas" . Slogan tersebut sesuai dengan keadaan Indonesia bahkan dunia saat ini. Kita dihantui oleh virus yang tengah menyerang dunia dan menyebabkan berbagai macam kelumpuhan, baik kelumpuhan secara moral maupun materiil.

Para pelajar diberikan tantangan besar dengan cara sistem pembelajaran online yang terpaksa dilaksanakan untuk seluruh pelajar berbagai umur. Tidak hanya para pelajar yang merasa terbebani oleh sistem tersebut, orang tua para pelajar juga terkena dampaknya. Banyak para orang tua yang mengeluh, terutama kaum ibu rumah tangga. Mereka merasa kegiatan keseharian mereka terganggu, dan bahkan ada ibu yang mengeluh karena sang anak tidak paham akan pelajaran yang diterima melalui sistem pembelajaraan online. Dari keadaan tersebut, muncul istilah "Setiap Orang Bisa Menjadi Guru", karena kita dituntut untuk menjadi pengajar dengan sedikit bekal ilmu yang telah kita dapatkan diwaktu sekolah dulu. Dan Setiap Ruang Bisa Menjadi Kelas, karena tidak hanya di dalam kelas saja para pelajar bisa melakukan proses pembelajaran. Dimanapun tempat selama tempat tersebut nyaman bagi pelajar dapat dijadikan kelas untuk proses belajar mengajar. (AA)