SELAMAT HARI GURU NASIONAL 2021

SHARE

Selamat hari guru kepada seluruh para guru yang ada di Indonesia, tak terhitung sudah berapa banyak jasa yang telah para guru berikan dari generasi ke generasi. Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari guru nasional bukan hari libur resmi, dan dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Hari guru nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, dengan sebuah Keputusan Presiden, yaitu Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional, menyatakan bahwa

Dikutip dari gtkdikdas.kemdikbud.go.id, tema Hari Guru Nasional 2021 adalah "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan." 

Berkaca dari kejadian satu tahun kebelakang, Indonesia sangat diguncang dengan keberadaan sebuah virus yang disebut dengan Virus Covid-19, terutama dalam hal pendidikan. Untuk itu, terjadinya perubahan dalam strategi kegiatan belajar mengajar, yang mulanya belajar bertatap muka menjadi belajar jarak jauh dengan didukung oleh perkembangan teknologi yang ada.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini Indonesia sudah mulai membaik dengan didukung upaya-upaya pemerintah terkait pemerataan vaksinasi yang tengah digalakkan oleh pemerintah. IAIDU Asahan juga mengambil bagian dalam pemerataan vaksinasi dengan menjadi peserta vaksinasi pada kegiatan “Vaksinasi Merdeka Massal” di Gedung Olah Raga (GOR) KISARAN, Kelurahan Mekar Baru Kecamatan Kota Kisaran Barat, Jum’at (17/9/2021) (http://iaidu-asahan.ac.id/berita/detail/iaidu-asahan-ikut-serta-vaksinasi-merdeka-massal). Sejalan dengan tema tersebut Rektor IAIDU Asahan Umi Hj. Nilasari Siagian, SH, S.Pd.I, MH mengangkat slogan “ Guru Indonesia Bertakwa, Sehat dan Smart”. Slogan tersebut diusung sesuai dengan tema yang dicetuskan oleh Direktorat Guru Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, yaitu “Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Dalam sambutannya, Rektor IAIDU Asahan Umi Hj. Nilasari Siagian, SH, S.Pd.I, MH mengatakan bahwa “ Selamat Hari Guru, Guru ku bimbingan mu, Didikan mu, Kasih sayang mu, Lelah mu merupakan bukti bakti mu kepada negeri. Selamat hari guru, Guru Indonesia guru yang bertakwa, sehat dan smart. Bertakwa dengan maksud Guru Indonesia mampu membawa murid-murid untuk dapat mengetahui lebih banyak ilmu pengetahuan dengan didasari kepada ketakwaan kepada sang Pencipta. Sehat dengan maksud Guru dan Murid bersama-sama menjaga kesehatan diri demi memutus penyebarluasan virus Covid-19. Dan yang terakhir adalah Smart dengan maksud mari bersama-sama kita fasilitasi para murid- untuk mendapatkan pendidikan sebagai bekal dalam kehidupan.(AA)

VIDEO SELAMAT HARI GURU NASIONAL 2021