SIDANG MUNAQASHAH PRODI HES ANGKATAN PERTAMA

SHARE

Sidang munaqashah adalah ujian yang ditempuh mahasiswa untuk mempertahankan skripsi yang merupakan laporan akhir hasil penelitian serta dalam rangka penilaian hasil belajar pada akhir program studi untuk memperoleh gelar sarjana. Gelar sarjana yang akan disandang oleh mahasiswa lulusan program studi Hukum Ekonomi Syari'ah (HES) adalah S.H.

Adapun untuk dapat mengikuti sidang munaqashah ada beberapa persyaratan administrasi akademik yang harus dipenuhi oleh mahasiswa, seperti :

  1. Telah menyelesaikan beban kredit minimal 125 SKS ( Sistem Kredit Semester ), dengan IPK ( Indeks Prestasi Kumulatif ) minimal 2.75 berdasarkan ketentuan kurikulum yang berlaku.
  2. Telah lulus mata kuliah Metode Penelitian.
  3. Tidak ada mengulang mata kuliah yang sedang berjalan.
  4. Naskah skripsi telah ditandatangani oleh kedua pembimbing.
  5. Naskah skripsi diperbanyak 4 eksemplar dengan disertai abstrak 1 lembar yang diketik satu spasi. Abstrak dimasukkan pada bagian skripsi, permanen, dan warna disesuaikan dengan ketentuan masing-masing fakultas, dst.

Fakultas Syari'ah terdiri atas dua program studi, yaitu :

  1. Hukum Keluarga Islam ( Ahwal Syakhshiyah ), dan
  2. Hukum Ekonomi Syari'ah ( Muamalat ).

Pembukaan program studi Hukum Ekonomi Syariah diusulkan pada tanggal 05 November 2014 dan disahkan berdirinya pada tahun 2015. Program studi Hukum Ekonomi Syariah berdiri sejak tahun 2015, dan Alhamdulillah dapat meluluskan para mahasiswanya di tahun 2021 atau lulusan sarjana angkatan XXVII Tahun Akademik 2020/2021. Ataupun dapat dikatakan lulusan angkatan pertama program studi hukum ekonomi syari'ah.

Pada hari Selasa, 04 Mei 2021 merupakan hari yang sangat penting bagi para mahasiswa program studi Hukum Ekonomi Syari'ah (HES), karena merupakan hari pelaksanaan sidang munaqashah gelombang pertama. Adapun peserta sidang munaqashah gelombang pertama terdiri dari 6 peserta, yaitu :

  1. Yuni Rantika,
  2. Latifah,
  3. Nurul Huda,
  4. Rizky Amalia,
  5. Semi Sesilawati, dan
  6. Fitri Handayani.

Dosen penguji skripsi terdiri dari 4 orang dosen penguji dengan ketentuan dosen penguji I dan II harus memiliki kepangkatan minimal Lektor Kepala atau Lektor yang berpendidikan S.2 dan latar belakang disiplin ilmu yang relevan. Dosen penguji III dan IV harus memiliki kepangkatan minimal Lektor dan latar belakang disiplin ilmu yang relevan. Dosen penguji pada sidang munaqashah HES gelombang pertama terdiri dari 4 orang yaitu :

Dosen Penguji I Umi Hj. Nilasari Siagian, SH, S.Pd.I, MH Wakil Rektor II
Dosen Penguji II Buya Taufik, S.Ag, MA Dekan Fakultas Syari'ah
Dosen Penguji III Buya Syahrul, SHI, MA Wakil Dekan Fakultas Syari'ah
Dosen Penguji IV Buya Muhammad Abduh Isma, M.E.I Ketua Program Studi HES

 

 

Selamat kepada ke-enam mahasiswi yang telah menjadi Sarjana Hukum pertama dan peserta sidang munaqashah gelombang pertama di prodi HES, Semoga langkah pertama mu dalam menyandang gelar S.H membawa banyak manfaat kepada masyarakat luas.