• Email Address

    humas@iaidu-asahan.ac.id

6 TIPS CHAT KE DOSEN YANG BAIK & SOPAN

  • Home
  • 6 TIPS CHAT KE DOSEN YANG BAIK & SOPAN

24 Oktober 2022 , Berita Umum

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pernah gak sih kamu merasa Dosen kamu itu sibuk banget sampai sampai chat kamu gak di balas, atau kamu pernah merasa dosen kamu itu gak perduli sama chat kamu….???

Kamu yakin salahnya di dosen kamu….??

Bukan salah di kamu…??

Coba kamu lihat kembali chat kamu dengan Dosen kamu, apakah bahasa yang kamu gunakan sudah tepat belum. Atau mungkin kamu chat di waktu yang kurang tepat.

Nah…., untuk itu coba kamu baca dulu wacana berikut ini…

 

1. Awali Chat Dengan Ucapan Salam

Hal pertama yang diucapkan untuk mengawali sebuah percakapan sebaiknya di buka dengan salam sembari menyebutkan gelar lawan bicara,

 ‘  Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Buya Fulan / Umi Fulanah’

 

2. Perkenalkan Diri Kamu

Jangan lupa untuk menyebutkan siapa Kamu kepada Dosen, karena Dosen tidak hanya mengajar di kelas Kamu saja.

‘Saya Fulan / Fulanah mahasiswa Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan Kisaran Fakultas Tarbiyah/ Syari’ah / Dakwah Program Studi Pendidikan Agama Islam / Manajemen Pendidikan Islam / Pendidikan Anak Usia Dini / Hukum Keluarga Islam / Hukum Ekonomi Syari’ah / Komunikasi dan Penyiaran Islam Semester 1/2/3/4/5/6/7/8 Kelas A / B

 

3. Utarakan Tujuan Dengan Jelas

Saat chat ke Dosen, sebaiknya Kamu jangan bertele-tele dan kurangi penggunaan kata-kata yang tidak tegas. Selain itu,  jangan menggunakan kalimat yang kesannya memerintah.

‘Saya akan mengumpulkan tugas harian tanggal xx - xx – xxxx tentang ...... pada Mata Kuliah .... ,  Kapan kiranya saya bisa menemui Buya / Umi ? ’

 

4. Gunakan Bahasa Yang Umum Dimengerti

Penggunaan bahasa menjadi hal yang wajib diperhatikan. Walaupun Dosen mengerti dengan tulisan Kamu, namun untuk menghindari kesalahpahaman dan agar lebih sopan sebaiknya tidak menggunakan singkatan dan kata ganti non formal, seperti : yg, dmn, kpn, aku, ok, iye, wokeh.

 

5.Perhatikan Waktu

Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi Dosen. Pilihlah waktu yang biasanya tidak dipakai untuk beristirahat atau beribadah. Hindari menghubungi dosen di atas pukul 20.00 WIB atau di saat waktu ibadah.

 

6. Ucapkan Kata Maaf dan Terima Kasih

Ucapkan kata maaf dan terima kasih untuk menunjukkan sopan santun dari kerendahan hati Kamu.

‘ Mohon maaf menganggu waktu Buya / Umi dan terima kasih atas waktu yang telah Buya / Umi berikan ’

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Bagaimana…. Sekarang kamu sudah paham, jangan sampai salah ya…..

(AA)

 

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh