• Email Address

    humas@iaidu-asahan.ac.id

PROGRAM STUDI FAKULTAS TARBIYAH

  • Home
  • PROGRAM STUDI FAKULTAS TARBIYAH

PROGRAM STUDI FAKULTAS TARBIYAH

Fakultas Tarbiyah IAIDU Asahan merupakan sarana pendidikan tinggi yang akan menghasilkan sarjana muslim yang mampu menjadi guru Agama Islam dan tenaga kependidikan yang profesional, bertaqwa serta berakhlaqul karimah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Fakultas Tarbiyah menyelenggarakan 3 (Tiga) program studi, yaitu :

  1. Pendidikan Agama Islam (PAI);

  2. Manajemen Pendidikan Islam (MPI); dan

  3. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

 

Pendidikan Agama Islam (PAI)

VISI

“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Agama Islam unggul dalam keilmuan islam, yang integratif, berakhlak karimah dan berkepribadian islami pada tahun 2025”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkompeten, integratif berbasis keilmuan islam untuk menghasilkan Guru Agama Islam yang berkepribadian Islami
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang pendidikan Agama Islam dalam rangka pengembangan keilmuan islam yang integratif
  3. Menyelenggarakan pengabdian Kepada Masyarakat yang mampu berkontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan Guru Agam Islam yang berkompeten dalam mengintegrasikan keilmuan islam dengan berkepribadian islam
  2. Menghasilkan Guru Agama Islam yang mampu mengembangkan dan mengaflikasikan keilmuan islam yang integratif melalui penelitian ;
  3. Mengahasilkan Guru Agama Islam yang mampu berkontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia melalui Pengabdian kepada Masyarakat.

STRATEGI

Untuk mewujudkan Visi, Msi dan Tujuan Program Studi PAI Fakultas Tarbiyah IAIDU Asahan maka ditetapkan langkah-langkah strategi terdiri:

Bidang Pendidikan dan Pengajaran

  1. Penyususnan Silabus dan RPS seluruh Matakuliah pada setiap Semester;
  2. Melaksanakan kegiatan Pelatihan, Workshop, dan/atau seminar yang berkaitan dengan bidang pendidikan Islam  minimal 4 (empat) kali dalam setiap tahun Akademik;
  3. Terlaksananya aflikasi Proses pembelajaran melalui pogram praktek mengajar atau PPL ke berbagai jenjang sekolah menengah atas;
  4. Seluruh DTPS memiliki jenjang kepangkatan dan jabatan fungsional akademik minimal Lektor;
  5. Seluruh DTPS telah lulus Sertivikasi;
  6. DTPS terlibat aktif dalam organisasi profesi dan organisasi keilmuan guna meningkatkan kompetensi Dosen;

Bidang Penelitian

  1. Meningkatkan jumlah kegiatan penelitian DTPS minimal 6 (Enam) bentuk penelitian dalam setiap tahun Akademik;
  2. Meningkatkan jumlah kegiatan Penilitian DTPS yang melibatkan mahasiswa minimal 3 (tiga)  penelitian pada setiap tahun akademik;
  3. Meningkatkan jumlah publikasi ilmiah hasil penelitian DTPS pada jurnal nasional, internasional minimal 3(tiga) artikel jurnal pada setiap tahun akdemik;
  4. Meningkatkan jumlah penerbitan buku ber-ISBN  masing masing DTPS minimal 1 buku setiap tahun akademik:
  5. Meningkatkan Mutu penelitian DTPS melalui kegiatan Pelatihan, Workshop, dan/atau seminar yang berkaitan dengan bidang penelitian baik nasional maupun internasional minimal 2 (dua) kali setiap tahun akademik;

Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat

  1. Meningkatkan jumlah kegiatan PkM DTPS minimal 2 (dua) Kegiatan PkM Pada setiap Tahun akademik;
  2. Meningkatkan jumlah kegiatan Pkm DTPS yang melibatkan mahasiswa minimal 3 kegiatan PkM setiap Tahun akademik
  3. Meningkatkan mutu PkM DTPS dan mahsiswa melalui Pelatihan, Workshop, dan/atau seminar yang berkaitan dengan bidang PkM minimal 2 kali setiap tahun akademik;
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai organisasi kemasyarakatan, keagamaan, pemerintah maupun swasta dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas PkM DTPS dan mahasiswa;

 

Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

VISI

“Menjadi Program Studi yang Unggul dan Terkemuka dalam Ilmu Manajemen Pendidikan Islam yang ter-Integrasi  dan Berkarakter pada tahun 2025”

MISI

  1. Menyelenggarakan Manajemen Pendidikan dan Pembelajaran Profesional yang Islami dan Diselaraskan dengan IPTEK
  2. Melaksanakan Kegiatan Akademik secara Terprogram untuk Penunjang Mutu Akreditasi
  3. Melakukan Kerjasama dengan Berbagai Pihak terkait dalam Pengembangan dan Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan Islam
  4. Melaksanakan Penelitian dan Publikasi Ilmiah di Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Islam yang Menopang Pembelajaran
  5. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang memberdayakan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia

TUJUAN

  1. Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang beriman dan bertakwa serta memiliki budi pekerti yang baik (akhlakul karimah)
  2. Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang mampu mengintegrasikan keilmuan islam dengan kehidupan bernegara
  3. Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang bertanggung jawab, dapat dipercaya, dan bijaksana
  4. Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang mampu mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu manajemen yang integratif melalui sains dan teknologi;
  5. Mengahasilkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang mampu berkontribusi dalam pembangunan Sumber Daya Manusia melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

 

PROGRAM KERJA PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Manajemen Pendidikan dan Pembelajaran

  1. Mendukung Program kerja Dekan Fakultas Tarbiyah dengan menerapkan pola kepemimpinan di Fakultas dengan model participatory leadership dalam merumuskan target pencapaian prodi di Fakultas Tarbiyah secara bersama
  2. Membuat ketetapan mengenai arah kebijakan pengembangan prodi
  3. Menyiapkan dan mengembangkan kurikulum prodi
  4. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran pada prodi
  5. Melaksanakan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran pada prodi

Kegiatan Akademik

  1. Melaksanakan kegiatan akademik dan penjaminan mutu program studi
  2. Mengkoordinasikan dosen pengampu, distribusi mata kuliah, dan beban kerja dosen
  3. Mengelola pelaksanaan ujian tengah semester, ujian akhir semester, seminar proposal, ujian komprehensif, dan sidang munaqasah

Kerjasama

  1. Membangun kerjasama dengan Badan/Lembaga Pemerintahan/Swasta, terkait pengembangan Program Studi
  2. Melaksanakan program dari kerjasama secara berkelanjutan sebagai upaya mendukung akreditasi

 Penelitian dan Publikasi Ilmiah

  1. Menyelenggarakan pelatihan terkait publikasi ilmiah melalui forum seminar dan yang sejenis
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian untuk dosen-dosen di program studi Manajemen Pendidikan Islam secara terprogram dan kolaboratif
  3. Mengembangkan penelitian yang dilakukan oleh dosen menjadi pengabdian sebagai percepatan kepangkatan dosen di prodi
  4. Melakukan penelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa sebagai Penunjang akreditasi

Pengabdian Masyarakat

  1. Melaksanakan program dari kerjasama secara berkelanjutan sebagai upaya mendukung akreditasi
  2. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan pelatihan dan magang  mahasiswa.

 

Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

VISI

“Terwujudnya Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang unggul dalam keilmuan yang aplikatif, berakhlak karimah, dan berkepribadian Islami pada tahun 2030”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif dan inovatif untuk menghasilkan Pendidik TK/RA dan satuan PAUD yang berpengetahuan luas, berakhlak karimah, berkepribadian Islami;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan keilmuan yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang berlandaskan nilai-nilai keislaman;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengembangkan kepedulian dan kepekaan sosial yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan;
  4. Memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan eksistensi program studi.

TUJUAN

  1. Melahirkan Sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang berkarakter, kreatif dan inovatif memunculkan ide-ide dalam pengembangan keilmuan yang aplikatif di lembaga pendidikan usia dini:
  2. Melahirkan Sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang berdedikasi dan terampil dalam membentuk karakter anak usia dini yang berlandaskan nilai keIslaman
  3. Melahirkan Sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang memiliki kepedulian dan kepekaan sosial yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan
  4. Melaksanakan kerjasama yang efektif dan mutualistik dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan eksistensi program studi.