• Email Address

    humas@iaidu-asahan.ac.id

PEMBUKAAN UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL T.A 2023/2024

  • Home
  • PEMBUKAAN UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL T.A 2023/2024

13 Januari 2024 , Berita Kampus

13 Januari 2024 -Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan Kisaran adakan pembukaan Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil T.A 2023/2024 di halaman kampus IAIDU Asahan. Pelaksanaan UAS Ganjil T.A 2021/2022 dilaksanakan mulai hari ini tertanggal 13 Januari 2024 sampai dengan 21 Januari 2024.

Pemukaan diawali dengan pembacaan doa oleh Agus Salim Marpaung, S.Pd.M.Hum dan dilanjutkan oleh laporan ketua panitia oleh Saiful Ahyar, S.Ag, M.A menyampaikan peserta yang mengikuti Ujian Akhir Semester Ganjil sebanyak 1.349 yang terdiri dari kelas sabtu ahad. Fakultas Tarbiyah 562, Fakultas Syariah 202, Fakultas Dakwah 79 dengan jumlah 840 sedangkan kelas regular Fakultas Tarbiyah 299, Fakultas Syariah 156, Fakultas Dakwah 76 dengan jumlah 840 peserta

Lalu penjelasan tata tertib oleh Sekretaris UAS Ganjil T.A 2023/2024  Muhammad Abduh Isma, S.Ag, M. E.I   menyampaikan tata tertib peserta UAS. Peserta dimulai dari 5 menit sebelum ujian dan duduk dengan label yang telah ditentukan, wajib membawa kartu ujian. Peserta dilarang mengunkan smartphone kecuali ketentuan khusus oleh dosen penguji matakuliah. Selama kuliah tidak boleh berkerjasama dalam mengerjakan soal ujian.

Lanjut Sekretaris UAS Ganjil T.A 2023/2024 menjelaskan pakaian peserta denga ketentuan laki-laki memakai peci, baju putih, alamamater, baju putih, celana panjang warna gelap memakai sepatu dan wanita memakai jilbab putih, almamater, baju putih (tidak ketat) rok warna gelap (tidak ketat) dan memakai sepatu. Terkait dispensasi mahasiswa harus tercantum tanda tangan mahasiswa dan tanda tangan ketua program studi selanjutnya surat dispensasi ditunjukan ke rektor C/q Wakil Rektor I (ketua panitai UAS) .

Bimbingan dan arahan Rektor IAIDU Asahan Hj. Nilasari Siagian, SH, S.Pd.I, MH mengenai pentingnya disiplin menunjukkan kesadaran akan peran kritis disiplin dalam lingkungan pendidikan.  Menekankan kepada mahasiswa bahwa disiplin belajar merupakan pondasi utama dalam meraih kesuksesan akademis. Mahasiswa perlu memiliki jadwal belajar yang teratur, melakukan revisi materi secara konsisten, dan mematuhi tenggat waktu tugas dan ujian.

Menekankan bahwa disiplin bukan hanya tentang ketaatan pada aturan, tetapi juga tentang membentuk kebiasaan baik. Memiliki pola hidup yang teratur, tanggung jawab terhadap perkulihanan dan menghargai waktu merupakan bagian integral dari disiplin. Melalui penekanan pada nilai disiplin, bimbingan tersebut dapat menjadi pengingat bagi seluruh mahasiswa tentang pentingnya sikap kedisiplinan dalam mencapai tujuan pendidikan dan kesuksesan.

Pentingnya menekankan kedisiplinan dan komitmen mahasiswa terhadap tata tertib Ujian Akhir Semester (UAS) kedatangan tepat waktu sangat penting agar proses UAS dapat berjalan lancar dan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Mahasiswa perlu memperhatikan waktu mulai dan selesai setiap ujian.

Harapannya mahasiswa dapat menjalankan seluruh tata tertib yang berlaku selama pelaksanaan UAS. setiap mahasiswa bertanggung jawab atas keberhasilan pribadinya dalam UAS. Hal ini melibatkan persiapan yang matang sebelum ujian, pemahaman terhadap materi yang diuji, dan penilaian diri terkait dengan kedisiplinan pribadi.

“Dengan kedisiplinan dan persiapan yang baik, diharapkan mahasiswa dapat menyelesaikan UAS dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan.”